Minggu, Mei 17, 2009

Hasil Balapan MotoGP Le Mans Prancis, Lorenzo Juara

Valentino Rossi menuai hasil buruk pada balapan MotoGP Le Mans, Prancis. Juara diraih rekan setimnya, Jorge Lorenzo. Dalam balapan kali ini, Rossi yang mengejar meraih kemenangan ke-99 sempat terjatuh dan melintir ke luar lintasan. Dia juga terkena penalti karena melaju terlalu kencang di pitlane. The Doctor yang beberapa kali ganti motor itu pun kemudian tercecer di posisi belakang dan finis di posisi 16. Dengan hasil ini, posisi Rossi di pucuk klasemen pembalap beralih ke Lorenzo, dengan selisih satu angka.

Jalannya Balapan:

Selepas start, Dani Pedrosa melesat di depan, diikuti Casey Stoner. Sementara Lorenzo ada di tempat ketiga dan Valentino Rossi di posisi keempat. Lorenzo melewati Stoner dan kemudian Pedrosa! Lorenzo pun memimpin di akhir putaran pertama. Rossi berhasil memperbaiki posisi dengan 27 lap tersisa.

Dia melewati Stoner untuk menempati posisi ketiga. Di depan Rossi ada Pedrosa yang mulai ketinggalan dari Lorenzo. Andrea Dovizioso sementara itu berhasil melaju ke tempat ketiga. Sementara Rossi masih di posisi dua dengan menyisakan 25 lap lagi, kendati jaraknya mulai bertambah dengan Lorenzo.

Genap empat lap Lorenzo masih menjaga posisi di depan, diikuti Rossi, Dovizioso dan Marco Melandri yang tampil apik di awal balapan ini. Melandri sendiri sebenarnya memulai balapan di posisi sembilan.

Dengan 24 lap tersisa, Rossi tiba-tiba masuk pit dan mengganti motornya. Tampaknya dia melakukan pergantian ban, yang mana lantas juga dilakukan para pembalap lain. Tak lama berselang, Rosi justru melintir di lintasan dan jatuh ke luar lintasan! Tampi dia masih bisa melaju lagi dengan 22 lap tersisa. Sementara itu Pedrosa melorot ke posisi 15, dengan Lorenzo masih setia di depan diikuti Dovizioso di posisi dua dan Stoner di tempat ketiga.

Rossi kembali masuk ke pit dengan 21 lap tersisa. Pembalap Yamaha itu kembali mengganti motor pasca jatuh di lintasan. Di akhir lap 9, Lorenzo masih di depan. Dia diikuti Dovizioso, Stoner, Chris Vermeulen dan Nicky Hayden.

Dengan 18 lap tersisa, Rossi terkena penalti. Dia dihukum karena sudah melaju terlalu kencang di pitlane. Lorenzo akhirnya masuk ke pit dengan 16 lap tersisa untuk mengganti motornya. Dengan 13 lap, Lorenzo masih ada di depan diikuti Melandri, Dovizioso dan Stoner.

Rossi kembali mengganti motor lagi dengan 15 lap tersisa. Tampaknya Le Mans benar-benar menyulitkan Rossi yang musim lalu jadi juara di sini. Stoner terlihat sedikit melambat saat akan melintasi garis finis dengan 14 lap tersisa, sehingga dilewati Pedrosa yang kini ada di tempat keempat. Ada masalahkah dengan motor Stoner? Sementara Lorenzo masih ada di depan diikuti Melandri di posisi dua.

Di lap 17, Lorenzo masih di depan, dengan Melandri, Dovizioso, Pedrosa, Vermeulen dan Stoner di belakangnya. Lorenzo sendiri tampaknya kian nyaman di posisi pertama. Delapan lap sisa, Lorenzo unggul sekitar 10 detik dari Melandri yang ada di posisi dua. Sementara di posisi tiga ada Dovizioso diikuti Pedrosa yang terus menambah kecepatan.

Dengan dua lap lagi, Lorenzo unggul 15 detik dari Melandri. Podium satu tampaknya kian dekat untuk si rider Spanyol. Di lap terakhir, Pedrosa merenggut posisi tiga dari Dovizioso usai melewati rekan satu timnya di Honda dalam sebuah tikungan. Pedrosa pun finis di posisi tiga di belakang Lorenzo yang jadi juara dan Melandri yang menempati posisi dua.

Hasil selengkapnya:
1 Jorge LORENZO SPA Fiat Yamaha Team Yamaha
2 Marco MELANDRI ITA Hayate Racing Team Kawasaki
3 Dani PEDROSA SPA Repsol Honda Team Honda
4 Andrea DOVIZIOSO ITA Repsol Honda Team Honda
5 Casey STONER AUS Ducati Marlboro Team Ducati
6 Chris VERMEULEN AUS Rizla Suzuki MotoGP Suzuki
7 Colin EDWARDS USA Monster Yamaha Tech 3 Yamaha
8 Loris CAPIROSSI ITA Rizla Suzuki MotoGP Suzuki
9 James TOSELAND GBR Monster Yamaha Tech 3 Yamaha
10 Toni ELIAS SPA San Carlo Honda Gresini Honda
11 Alex DE ANGELIS RSM San Carlo Honda Gresini Honda
12 Nicky HAYDEN USA Ducati Marlboro Team Ducati
13 Yuki TAKAHASHI JPN Scot Racing Team MotoGP Honda
14 Randy DE PUNIET FRA LCR Honda MotoGP Honda
15 Niccolo CANEPA ITA Pramac Racing Ducati
16 Valentino ROSSI ITA Fiat Yamaha Team Yamaha

Not classified
Mika KALLIO FIN Pramac Racing Ducati 17 Lap

(sumber: detiksport.com)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.