Kamis, Oktober 15, 2009

Modifikasi Honda Vario 2008 Jadi Skuter Majesty

Kreativitas Andit Kandiawan dari Surabaya ini pantas diacungi jempol. Honda Vario buatan 2008 miliknya ia modifikasi menjadi skuter besar seperti Majesty.

Perubahan paling menonjol dilakukan Andit pada bodi. honda vario modifikasiSupaya tambah bongsor, rangka dibikin molor sesuai dengan bodi gede yang akan dibangun. Rangka tengah yang berada di bawah floordeck berupa satu pipa berukuran 2,5 inci divonis tidak cukup.

"Saya cari pipa berdiameter lebih besar lagi, lebih kurang 20 cm, lalu diselubungkan dan dilas paten pakai las listrik," paparnya. Agar makin kuat, ada tambahan penguat dari pelat setebal 2 cm. Pengelasan pelat dipasang tegak untuk melawan momen putar sehingga frame tetap kuat.

Untuk urusan bodi, Andit boleh dibilang "merem" saat mengerjakannya. Pasalnya, ia sudah biasa bikin modifikasi bodi mobil. "Dirangkai sendiri sesuai konsep yang meniru Yamaha Majesty, termasuk desain jok yang dibikin agak rendah meniru gaya big scooter Jepang," ujarnya.

Desain lampu depan dibuat keren dengan dibingkai menggunakan lampu CBR 900. Di sini, unsur mewahnya langsung tampak, terlebih dengan dipasangnya audio untuk menambah dukungan fitur high-end.

Karena punya pengalaman modif mobil, builder Kota Pahlawan ini mengaplikasi desain yang pernah dipakai di mobil. Salah satunya, oil catch tank. Itu lho, tabung berisi filter untuk memisahkan hawa panas dan oli yang biasa diterapkan pada modif aliran Japan Domestic Market (JDM).

Tabung yang dipasang di bawah itu bukan sekadar gaya. "Supaya hawa panas bisa diarahkan ke intake manifold. (Pemasangan itu) membuat pembakaran tetap bagus, meskipun hawa dingin," papar Andit

(sumber: kompas.com)


0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.